Rabu, 05 Desember 2012

Menyediakan Arsik Ikan Mas 100% Halal Oleh CC Sianturi

Arsik Ikan Mas
Suami saya hobbi makan Arsik. Arsik merupakan makanan khas orang Batak dan makanan ini identik dengan rempahnya yaitu Andaliman. Rasa andaliman ini terasa bibir dan lidah bergetar tapi enak sekali. Makanan ini saya kenal dari suami saya karena dia berasal dari Medan Sumatera Utara. Berawal dari keinginan suami untuk makan Arsik, kami mencari-cari rumah makan yang menyediakan makan khas Batak di Batam dan tentunya halal. Kami menuju batu aji untuk memulai petualangan mencari Ikan Mas. "Ada Ikan Mas Arsik", tertulis di salah satu rumah makan orang Batak di batu aji. Begitu kami lihat dari luar ternyata rumah makan ini khusus bagi non Islam karena disamping Ikan Arsik ini ada B2 panggang. Kami tidak menemukan Arsik Ikan Mas ini untuk Islam.

Esok harinya, saya mencoba searching di Google resep Arsik Ikan Mas, ternyata banyak sekali disediakan. Saya mengajak suami saya belanja bahan-bahan yang dibutuhkan. Akhirnya saya bisa memasak Arsik Ikan Mas ini. Ikan mas hidup banyak terdapat di Pasar Botania, ada juga di Pasar Aviari dan Pasar Legenda. Setiap kali kami pulang kampung ke Medan tepatnya di Kota Pematang Siantar, saya memperdalam ilmu saya tentang masakan ini. Dan bagusnya lagi Eda-Eda (Kakak Ipar) saya ternyata sangat mahir masakan ini. Mereka mengajari saya dengan senang dan otomatis suami saya makin senang akan masakan saya boru Jawa ini.

Nah, diblog ini saya sharing sekaligus berjualan kepada Anda penggemar masakan ini, dan tentunya bagi Anda yang ingin mencoba.

Tahap-Tahapnya:
1. Mencari Ikan Mas Hidup. Saya anjurkan kepada Anda untuk membeli Ikan Mas dalam keadaan hidup. Pilih warna ikan mas yang menurut Anda suka. Kali ini kami memilih ikan mas berwarna merah dan bertelor. Minta kepada pedagang ikan tersebut untuk memilih ikan mas yang bertelor kalau Anda peminat telor ikan mas. Karena rasa telor ikan mas ini sangat enak untuk dikonsumsi.
Ikan Mas Hidup
Tempatkan ikan mas hidup di tempat pembersihan dirumah Anda. Berat ikan mas digambar sebanyak 2 Kg dan harganya diposisi Rp 38.000,- /Kg. Harga Ikan mas dipasaran berfluktuasi, pengalaman kami pernah membeli ikan mas ini mencapai level Rp 48.000,- /Kg.

2. Bersihkan dan Potong-Potong Ikan Mas
Sayat bagian perut ikan mas tersebut dan keluarkan isinya. Bersihkan isinya dengan air mengalir. Check perut ikan tersebut, empedu harus dibuang karena jika tidak dibuang akan mengakibatkan masakan menjadi pahit. Dan tentunya tidak enak untuk dimakan. Ciri-ciri Empedu ini kehitaman dan kenyal kalau di pencet akan mengeluarkan cairan hijau.
Perut Ikan Mas
Tahap selanjutnya adalah potong ikan mas menurut selera Anda. Bersihkan isinya dengan air mengalir. Pastikan tubuh ikan benar-benar bersih. Bisa juga Anda buat ikan mas utuh.
Potong Ikan Mas
Bersihkan Potongan Ikan Mas


Potongan Ikan Mas Bersih



3.  Persiapkan Bahan-Bahan Arsik Ikan Mas
Sediakan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti Andaliman, Kacang Panjang/Daun Singkong, Bawang Batak, dll
Bumbu-Bumbu
Potongan Kacang Panjang
Bawang Batak
Andaliman
Rempah-Rempah
Blender rempah-rempah
4. Memasak Arsik Ikan Mas
Semua bahan-bahan dibersihkan. Dan ikuti langkah-langkah berikut:
a. Susun potongan kacang panjang terlebih dahulu di kuali
Kacang Panjang didalam Kuali
b. Kemudian masukkan irisan lengkuas diatas kacang panjang.
Irisan Lengkuas
c. Masukkan potongan Ikan Mas dan Perutnya. Susunlah sesuai selera.
Potongan Ikan Mas
Perut Ikan Mas
d. Masukkan kuah bumbu kedalam kuali dan berikan garam secukupnya kemudian nyalakan kompor gas, sebenarnya lebih enak klu dimasak dengan kayu bakar, tapi karena sikon tidak memungkinkan.
Kuah Arsik Ikan Mas


e. Setelah 10 menit dinyalakan dan telah berbuih lalu masukkan bawang Batak
Bawang Batak
 f. Kemudian tutup kuali dan biarkan kuah arsik sampai kering
Tutup Kuali
Biarkan kuah Arsik Ikan Mas kering. Pada tahap ini tidak perlu diaduk-aduk karena jika diaduk akan mengakibatkan ikan mas hancur. Sekali-kali penutup kuali dibuka dicheck jangan sampai ikan mas gosong. Kalau Anda pecinta kuah, Anda boleh mengambil kuahnya sebelum kuah itu kering

g. Kondisi ikan mas yang sudah matang
Kuah telah habis

Nah...sampai disitu proses terciptanya Arsik Ikan Mas. Dan hidangkan menurut selera Anda.
Hidangkan
Siap untuk dimakan
Segitu yang bisa saya sajikan, jadi bagi Anda yang hobbi makan makanan khas Batak Ikan Mas ini yang tentunya Halal, kami siap menerima pesanan dari Anda dengan harga terjangkau. Anda bisa menyediakan bahan-bahan mentahnya, atau Anda tidak mau disibukkan olehnya serahkan pada kami, siap antar jemput. Harga tergantung kondisi Ikan Mas dipasaran. Atau bagi Anda yang ingin belajar?, kami bersedia sharing dengan Anda tanpa dipungut biaya apapun. 
 
Kata suami nih, kalau dikampung daging ikan mas terasa enak tidak seperti sekarang. Dagingnya terasa enak jika dibandingkan sekaragn yang mana dagingya mudah hancur.
 
Semoga bermanfaat ya..............., mauliate

Menyediakan Arsik Ikan Mas
Dimasak oleh yang profesional dan murni beragama Islam (Kehalalan terjamin)
Kepuasan Anda adalah komitmen kami
Kami siap Antar Jemput atau datang langsung kealamat kami:

Chusnul Chariyah Sianturi
Kopkar PLN Blok G No 12 Batam Centre
081276074002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar